RSS

DASAR ALIH POKOK ALIH TEKNOLOGI

12 Jun

Pengertian Umum

Berdasarkan yang tertulis di PP No. 20 tahun 2005 alih teknologi yaitu :

 Alih  teknologi  adalah  pengalihan  kemampuan  memanfaatkan  dan menguasai  ilmu pengetahuan  dan  teknologi  antar  lembaga,  badan atau  orang,  baik  yang  berada dalam  lingkungan  dalam  negeri maupun  yang  berasal  dari  luar  negeri  ke  dalam negeri  atau sebaliknya.

jadi dapat di simpulkan bahwa dapat memberikan izin kepada orang lain atau lembaga dalam mengembangkan hasil karya atau sesuatu dalam bentuk teknologi yang masih berkaitan dengan dapatnya pemberian lisensi atau hak memberi izin kepada orang lain selain pembuat karya tersebut.

Pengertian Teknologi dan Know-how

Pengertian Teknologi yaitu suatu cara yang dapat di terapkan dan dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan oleh manusia dalam melakukan suatu pekerjaan sehari-hari

Sedangkan,

know-how adalah sebagai suatu istilah dimana saat seorang penemu atau pembuat suatu karya sudah mempunyai pemahaman dari sebuah pengetahuan setelah seseorang tersebut mengimplementasikan pengetahuan ke orang yang di terangkan tersebut.

Pendekatan baru dalam kebijaksanaan industrialisasi

Berdasarkan website Kementrian Perindustrian Indonesia tentang kebijakan industri nasional ada 2 jenis pendekatan industri saat ini yaitu:

  1. melalui pendekatan top-down dengan pengembangan 35 klaster industri prioritas yang direncanakan dan didesain oleh pusat kemudian akan diikuti oleh daerah yang terpilih berdasarkan daya saing internasional serta potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
  2. melalui pendekatan bottom-up dengan memanfaatkan kompetensi unggulan daerah, dimana pusat turut membantu pengembangannya, sehingga daerah memiliki daya saing

Jalannya  proses  alih  teknologi  Mekanisme lisensi teknologi

beberapa cara agar proses pengalihan teknologi dapat di alihkan sesuai persyaratan yang telah di tetapkan:.

Cara yang dapat dilakukan dalam pengalihan teknologi salah satu nya dengan cara lisensi. Dalam hal ini lisensi wajiblah dipakai. Misalkan pemerintah melakukan perjanjian lisensi dengan pihak asing misalnya dalam pembangunan / pengerjaan suatu project maka keduanya dapat melisensikan perjanjian itu ke departemen terkait. Untuk prosesnya sendiri dapat dilihat pada UU. No 14 tentang paten pada bab 3 tentang lisensi wajib pada pasal 74 sampai 87. Peraturan tentang lisensi wajib ini sudah diatur oleh pemerintah.

Sumber :

http://www.jakartapatentbureau.com/index_files/Page784.htm

http://agungnetworks.blogspot.com/2015/04/dasar-pokok-alih-teknologi.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 12, 2015 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: